Labels

Pengertian Desain Grafis dan Media Desain


       Desain Grafis, apabila kita pecah kedua kata ini, desain berarti karya seni sedangkan grafis merupakan perwujudan dari tulisan, ruang dan gambar. Kemudian apabila digabungkan desain grafis merupakan bagian dari komunikasi visual. Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas. Pada awalnya desain grafis diterapkan pada media konvensional seperti majalah, brosur, buku ataupun logo-logo perusahan dan dilakukan secara konvensional pula. Namun seiring berkembangnya jaman, desain grafis dapat dilakukan melalui perangkat elektronik seperti computer, bahkan kini desain dapat dilakukan smartphone ataupun tablet. Oleh sebab itu para desainer dituntut agar dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin canggih ini. Desain grafis yang mulanya membutuhkan perlatan konvensional kini dapat dilakukan melalui software computer. Kini semakin banyak software yang digunakan para desainer  untuk membuat suatu karya. Namun kali ini kita akan membahas 3 software andalan para desainer untuk menghasilkan karya desain.





       Yang pertama yaitu Coreldraw, salah satu software desain berbasis vektor ini banyak diminati oleh kalangan orang karena kemudahannya, mulai dari anak sekolah hingga desainer grafis. Pada tahun 2014, Corel merilis versi terbarunya, yaitu Corel Draw Graphics Suite X7. Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Corel Draw Graphics Suite X7 ini, diantaranya adalah fitur tabulasi (memudahkan kita bernavigasi antara canvas), preview jenis font, kostumisasi letak tool, dan masih banyak lagi. Selain itu, tampilan pada Corel Draw versi terbaru ini juga terlihat lebih segar.





       Kemudian ada Adobe Illustrator, software desain grafis yang berbasis vektor, sama dengan software CorelDraw Graphics Suite. Gambar vektor tidak memiliki pixel, jadi jika gambar diperbesar hingga 1000 kali pun, gambarnya tidak akan pecah atau blur. Adobe Illustrator ini biasanya digunakan untuk membuat banner, brosur, logo, dan semacamnya.





       Adobe Photoshop, yap software ini satu label dengan Adobe Ilustrator dibawah naungan Adobe. Namun Adobe Photoshop memiliki fitur yang berbeda, software ini dikhususkan untuk mengedit foto.  Software desain grafis yang memiliki banyak sekali fitur canggih. Seiring berjalannya waktu, Adobe terus meningkatkan fitur-fitur dan fungsi Photoshop. Pada versi terbarunya, ada beberapa perubahan tampilan yang terlihat lebih modern dan lebih ringan dibanding versi sebelumnya.


       Ketiga software di atas merupakan senjata andalan bagi para desainer meskipun masih banyak lagi software-software di luar sana yang dikhususkan unuk desain grafis.Jadi dapat kita simpulkan bahwa desain grafis modern yakni peralihan seni dari jaman konvensional ke jaman teknologi sehingga dunia desain juga mengikuti dengan mengusung media komunikasi visual yang lebih canggih yaitu media elektronik atau yang sering kita sebut digital. Kita baru saja membahas pengertian, untuk lebih lanjut para desainer ini membutuhkan tools dari yang mendasar sampai tools tambahan untuk menunjang pengerjaan desain. Selanjutnya mari kita bahas apa saja keuntungan dari desain grafis digital/nodern pada artikel berikutnya.>>> Desain Grafis Modern dan Apa itu Komunikasi Visual ?


Oke, terimakasih atas waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment