Labels

Desain Grafis Modern dan Apa itu Komunikasi Visual ?

       
       

       Semakin berkembangnya teknologi kini kita pun dapat menghasilkan karya seni melalui media digital, Intinya dari desain modern yakni kita sebut komunikasi visual, yaitu kita mewujudkan karya seni kita kedalam media digital. Jadi begini, misalkan yahdi ingin membuat sebuah logo untuk blog design miliknya. Nama blognya yakni Situs Design Online. Yahdi memiliki bayangan tentang logo yang akan ia gunakan sebagai identitas blog Situs Design Online. Pertama dia menggambar konsep logo di kertas.






       Kemudian setelah konsep tersebut tertuang di ketas dilanjutkan dengan membuat logo terealisasi pada media digital misalkan gambar dengan format JPEG, sehingga ia dapat memasang gambar tersebut pada blog yang ia miliki, seperti gambar di bawah ini :






       Jadi inti dari komunikasi visual yaitu kita mewujudkan apa yang kita bayangkan, apa yang akan kita buat menjadi suatu karya seni kedalam media visual atau digital. Keuntungannya dari desain modern ini yaitu.

     Kita cukup membuat satu desain dan kita dapat menduplikat untuk berbagai kepentingan, missal kita membuat logo blog seperti yang dilakukan Yahdi di atas, kemudian Yahdi dapat menggunakannya sebagai logo webstie toko onlinenya, selain itu ia juga dapat menggunakan logo sebagai sticker untuk sebagai merchandise, sebagai display picture sebagai alat promosi melalui media sosial dan untuk hardcopynya pun kita dapat print.


     Kita tidak membutuhkan banyak tools seribet desain yang dilakukan secara konvensional (teknik lama), missal menulis atau menggambar. Kita akan banyak menggunakan tools seperti pensil, spidol, bolpoin, penggaris, cat warna, crayon, spidol warna, dll karena kini kita hanya menggunakan software melalui computer dan semua tools sudah tersedia di toolbar. Intinya kita dapat melakukannya dengan lebih simple.


     Nah, itu tadi keuntungan yang dapat kita peroleh melalui desain grafis modern menggunakan design software. Untuk pemula mungkin kita cukup menggunakan computer kesayangan kita dan mouse. Namun untuk desainer yang sudah pro, mereka membutuhkan tools atau hardware tambahan untuk menunjang  desain yang dikerjakan. Seperti apa perlatan perang tambahan ini. Mari kita bahas lebih lanjut >>> Komputer dengan Spesifikasi yang Cocok untuk Desain

No comments:

Post a Comment