Labels

Pen Tablet Penunjang Ability Desainer Grafis

      

       Semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang pula dunia desain. Kini kita dapat menggambar dengan tangan dan hasil dapat keluar sebagai karya digital menggunakan pen tablet. Pen tablet mungkin  terdengar aneh ya, tapi yang kita bahas ini bukan tablet android atau ipad dan semacamnya, hehe. Pen tablet sudah lama digunakan oleh para desainer grafis untuk menciptakan karya mereka. Dengan menggunakan pen tablet ini kita akan lebih mudah mengerjakan apa yang ingin kita desain, engtah itu menggambar atau membuat kaligrafi.


       Pen tablet terdiri dari 2 device yakni tablet dan pen. Tablet sendiri merupakan media elektronik berbentuk pipih kalo dimisalkan tablet adalah kertas. Kemudian pen memiliki bentuk seperti ballpoint atau spidol pada umumnya, namun pen yang satu ini memiliki perangkat elektronik di ujungnya. Cara kerjanya sendiri tablet sebagai media dari pen, jadi kita bisa membuat garis atau titik dengan pen bermedia tablet. Di dalam tablet terdapat sensor yang dapat mengidentifikasi pergerakan dari pen. Pergerakan dari pen yang terekam oleh sensor tablet diteruskan menuju computer dan menghasilkan output di monitor. Berbeda dengan mouse yang digunakan sebagai kursor. Dengan menggunakan pen tablet ini kita layaknya menggambar konvensional menggunakan alas kertas dan pensil namun dapat menghasilkan object digital pada monitor.



       Untuk versi terbaru dari pen tablet ini juga sudah direlease, jadi kita tidak harus butuh computer dan menggunakan pen tablet sebagai tools tambahan. Untuk versi terbaru dari pen tablet kali ini sudah dilengkapi dengan monitor. Sehingga pengguna serasa menggambar langsung pada layar computer. Namun untuk versi seperti ini memang dibandrol dengan harga yang tidak murah. Mungkin hanya master-master desainer   yang memiliki versi terbaru ini untuk mengimbangi performance mereka.

No comments:

Post a Comment