Labels

Motivasi Cara Mendapat Inpsirasi Desain

     Oke, bagi kalian para desainer pasti membutuhkan karya yang dapat dinikmati, fresh, creative bahkan unik. Tapi terkadang kita bingung desain seperti apa yang sesuai dengan tema atau topik yang kita kerjakan dan dapat dinikmati, mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan inspirasi terhadap desain yang akan kita kerjakan kedepannya. Sebenarnya susah-susah gampang untuk mendapatkan inspirasi. Terkadang kita duduk ngelamun aja udah dapet tuh ide-ide segar yang bisa kita tuangkan dalam karya. Namun juga sering bukan kita sudah berniat untuk mengerjakan suatu project tapi pikiran kayak langsung macet, tiba-tiba kram otak. Hehehe..  Kemudian juga tergantung mood kita yah, kalo mood lagi bagus-bagusnya wuh inspirasi datangnya grebekan semangat untuk mengerjakan project juga lagi menggebu-gebunya tuh. Tapi kalo udah gak mood / bete nih yang susah. Orang yang moodnya udah drop nih susah banget dapet inspirasi, ketambahan lagi niat udah surut buat ngelanjutin project. Bisa amburadul tuh desain. Tapi tenang mari kita lakukan hal-hal di bawah untuk menambah wawasan kita tentang desain, skill bertambah, inspirasi juga dapet.


Ikut kontes desain melalui internet
     Sekarang ada banyak tuh website yang menawarkan program berlomba-lomba membuat desain dan desain yang kita buat akan dipilih langsung oleh owner lowongan. Misalnya nih, perusahaan A ingin membuat logo utuk promosi. Perusahaan A membuat lowongan kontes desain + briefing melalui website partner sebagai media kontes. Kemudian website ini yang membuka jalan bagi para desainer untuk melakukan bid dengan submit desain kepada si owner. Lha, dari ikut-ikutan kontes online kayak gini, kita akan berusaha membuat desain yang terbaik agar bisa menang bukan, otomatis skill kita juga terasah di sini. Kemudian dengan memahami briefing dari owner wawasan kita jadi bertambah “ooh, jadi seperti ini desain yang diinginkan perusahaan-perusahaan besar itu”, jenis-jenis logo atau desain perbidang juga beda, missal nih logo ukm kain batik pasti dengan logo perusahaan otomotife bukan. Lha kita jadi tau banyak dari kontes ini.
Untuk website yang saya rekomendasikan :

1. 99designs.com


Refreshing / hangout
     Lha cara yang satu ini juga penting, kadang kita terlalu focus pada project yang dikerjakan sampai suntuk dan inspirasi macet-cet !. Gak ada salahnya kita luangkan waktu sejenak untuk pergi jalan bersama teman-teman. Dengan cara ini kita dapat merefresh kembali pikiran kita yang tadinya suntuk bisa reload kembali. Dengan segarnya pikiran maka maka kita membuka pintu untuk inspirasi yang akan berdatangan. Selain refreshing kita jua bisa menambah pengetahuan nih. Gimana tuh caranya ? Lha kita bisa memilih jalan-jalan di tengah kota. Kita lihat tuh banyak baliho, banner iklan atau reklame. Kita bisa dapet ilmu dari situ, di luar sana ternyata banyak desain-desain baru dan unik yang kita belum tau. Mungkin yang kita tau sekarang style desain yang booming kemarin dan kita belum update apa yang booming sekarang. Selain menambah perpustakaan desain, kita juga gak ketinggalan jaman. Hehe…
Minta pendapat/saran
     Terkadang kita memandang hasil karya kita dari sudut pandang kita sendiri, apa yang kita suka kita tuangkan di dalamnya. Padahal belum tentu orang lain suka dengan apa kita suka bukan ? Lha dari sini kita bisa minta pendapat mereka, entah itu sahabat, teman, keluarga atau komunitas yang sama dengan apa yang kita kerjakan. Dengan begitu kita bisa mengerti berbagai macam keinginan public.  Wawasan bertambah, kita juga dapat mengkombinasikan saran-saran dari mereka. Sehingga kita dapat menciptakan karya yang lebih berkualitas.
 Manfaatkan media social
     Dari media social kita bisa mendapat banyak refrensi, kita bisa melihat gaya desain orang lain. Kita dapat bandingkan gaya desain kita dengan mereka. Kemudian apabila cocok kita bisa mix and match desain kita dan mereka (maksudnya bukan mencuri desain mereka trus kita masukkan di project kita ya --“) ketahui gaya atau jenis desain mereka. Misal kita memakai jenis desain vintage, kemudian kita temukan orang lain membuat desain pop art. Kayaknya cocok nih dipaduin, lha kita bisa padukan 2 jenis desain ini.
Kemudian kita juga bisa menambah wawasan dari tutorial, missal saja youtube. Banyak video tutorial mengenai desain di sini kita cukup ketik keyword “graphic design tutorial” udah muncul puluhan bahkan ratusan video. Kita juga bisa langsung melihat cara melakukannya, tuh tambah lagi inspirasi dan wawsan kita.


    Oke itu tadi, beberapa tips dari saya untuk menanggulangi macetnya inspirasi kita. Cari inspirasi disambi tambah wawasan dan pengetahuan baru pastinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

No comments:

Post a Comment